Sabtu, 26 Maret 2011

Desember 2010



SOMEONE #6: CATHY
Desember 2010
spidol and color pencil on paper



 *Gambar untuk seorang sahabat, Catharina Panggabean. Semacam sesaji untuk memanggilnya pulang ke tanah air. Tag bendera merah itu adalah kota-kota yang akan Dia singgahi.


JET LAG
Desember 2010
pastel on paper



*Aku juga ga tau, kenapa jemariku menjadikan gambar ini.  Ya, jet lag pada babak baru. Beberapa waktu setelah gambar ini, dan inilah yang terjadi.

**Jet lag: Gangguan ritme tidur sehabis perjalanan jauh setelah melintasi zona waktu dengan  cepat. Jet lag juga bisa dikatakan suatu kondisi psikologis yang terjadi akibat perubahan ritme circadian (suatu irama biologis yang mengatur respon tubuh terhadap perubahan lingkungan. Karena itulah jet lag juga sering disebut sebagai sindrom perbedaan zona waktu.








MANUSIA TAUPE
Desember 2010
pen and oil pastel on paper


*perasaan malas yang memenjara diri, ingin bangkit tapi benar-benar melekat dan sulit.

**waktu itu seorang sahabat datang dan berbagi tentang dirinya yang terpenjara rasa malas ini. Katanya, "Gue udah kayak taupe nih, Ay.. Lu tauk ga taupe, hewan yang bentukannya males banget, cuman tiduran?"


 inilah Sang Taupe itu..









SANSEVIERA PINGUICULATA IN MY IMAGINATION
9 Desember 2010
oil pastel on paper


*suatu pagi, menunggu Teman Kasmaranku datang. Jemari gatal ingin menggurat. Lalu Aku telpon dan minta sebuah kuis, "Sayang, suruh Aku gambar hal yang belum pernah Aku liat, dong. Biar Aku berimajinasi, nih". Lalu Dia menyuruhku menggambar salah satu hal yang disukainya. Sedikit clue darinya supaya imajinasiku ga ngawur, "Karena namanya Pinguiculata, itu diambil karena menyerupai bentuk hewan itu".


**Dengan secerca pengetahuan tentang sanseviera dan Aku tau pasti bentuk penguin, maka gambar inilah yang terjadi. Semoga kalian ga berpikir ini adalah hewan penguin yang kaki berselaputnya ditanam di pot. 

***Di sini Aku lebih menekankan pada gairah untuk menerawang bentuk yang belum pernah Kulihat melalui imajinasiku.





****inilah bentuk asli dari si tanaman itu:





AFTER PLAY
9 Desember 2010
oil pastel on paper



*menggambarkannya langsung setelah momen.




COLORS ARE DELICIOUS
22 Desember 2010
oil pastel on paper



*Aku terngiang terus pada warna-warni. Mereka terasa begitu legit. Setiap Aku melihat warna-warni, ada sensasi yang mengusikku. Papila bagian tengahku seperti merinding, gatal, merasakan rasa manis, gurih, legit. Lalu disusul aroma yang tiba-tiba datang di ujung lubang hidungku. Aaarrrgh!!

**Sebernarnya untukku, akan lebih mudah bosan melihat jajaran warna-warni crayon yang selalu kutata sesuai kelompok warna pada kotak crayonku. Aku suka mengawinkan mereka menjadi warna-warni baru. Sebenarnya (Aku agak malu nulisnya), Aku terkadang keliru melihat dan membedakan warna. Entah ada apa dengan mata indah bola ping-pongku ini.




BELUM PADA DATANG
23 Desember 2010
oil pastel on paper


*Masih terlalu siang, dan mereka belum datang. Biasanya setiap sore mereka bermain di sini. Main jungkat-jungkit. Mereka bisa jungkat dan jungkit sampai setinggi langit terkadang setinggi pucuk pohon.

**Apa Kamu masih ingat sensasi ketika bermain jungkat-jungkit sewaktu kecil? Ketika Kamu dalam posisi jungkat, lalu jungkit. Perut terasa geli tergelitik lalu saling melempar tawa dengan teman di seberang Kita dan menjadi ketagihan mengulangi lagi, lagi dan lagi untuk jungkat lalu jungkit.


***Kenapa namanya jungkat-jungkit atau enjot-enjotan yaa?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar